Sunday, October 17, 2010

Merangkai Sepeda (Sebuah Awal)

Beberapa bulan lalu saya masih kepikiran buat beli sepeda lipat atau hybrid heist. Setelah banyak bertanya dan "diracuni", kegoda juga untuk merangkai sepeda MTB. Keluar masuk forum sepeda sudah dilakukan, lama-lama makin bingung, namun memang untuk memahami sesuatu harus dimulai dari kebingungan.

Bermula dari kisah heroik adik saya yang selepas lulus SD bernadzar naik sepeda dari Jogja ke kebumen, tak disangka menggiring pikiran ke dalam rencana-rencana membangun sepeda. Saat itu dia bersepeda berdua dengan saudara sepupu, yang juga gemar sepeda. Saran pertama sepupu saya, "ayo sepedaan, beli dulu aja framenya, yang lain nyusul, murah kok". saat itu dengan penuh keyakinan, mantaplah hati untuk beli frame.


Sepulang dari libur lebaran, perburuan frame dimulai. Setelah survei, dan atas saran sepupu tadi, saya membungkus frame dominate. Awalnya ingin warna putih, namun setelah tiga toko tidak ada, akhirnya menyerah juga dan membeli warna hitam (Foto disamping frame yang saya beli di sepeda98). Padahal meski pecinta warna hitam, namun frame dominate warna hitam adalah warna yang tadinya saya hindari. yap..this is my destiny with black, sepeda saya berwarna hitam nantinya..

Ternyata mengapa frame penting untuk dibeli terlebih dahulu? ini berkaitan dengan komitmen kita merangkai sepeda. Memang bagian paling penting adalah grupset (crank, pedal, rd, fd, shifter, cassete sprocket, chain, bottom brocket dll). Tapi buat pemula atau newbie seperti saya, tentu bikin pusing dan stress mikir harganya. Menurut kita mahal, ternyata di kelas sepeda MTB masih kelas entry level. Dengan membeli frame terlebih dahulu, mau gak mau saya jadi belajar tentang bagian yang lain, apa aja yang musti dibeli dan berkualitas. Sempat juga tergoda buat ngejual frame, memilih ambil jalan pintas membeli jadi. Tapi, karena sudah terlanjur akhirnya membangun sepeda jalan terus. Sembari merencanakan grupset apa yang tepat dan sesuai kantong, kita sudah meneken kontrak untuk membangun sepeda dengan membeli sebuah frame.

Kemudian setelah frame rencana mencari fork (shock) dan grupset. Namun, tiba-tiba ada saudara menawari ban maxxis highroller dengan harga 300 ribu 2 buah(harga asli sekitar 175000/buah). Dia bilang salah beli, ukurannya kurang gede buat offroad. Maka goncanglah iman, dan segera meng-iyakan membeli ban tersebut. Kebetulan, saya belum survei masalah ban. dari naluri dan insting, ini barang bagus. Yap, perburuan tahap awal mendapat roda dan frame. Masih banyak yang harus dirangkai. Tujuan selanjutnya adalah grupset, komponen paling vital dalam sepeda.. Lets build your bike..

No comments: