Thursday, July 15, 2010

Pulang di Hari Raya

Lebaran tahun ini beda. Untuk pertama kali merasakan gelora mudik. Kegelisahan akan jadwal kantor sekaligus debaran mudik pertama kali, menaikan adrenalin dan antusiasme tersendiri. Selama ini hanya melihat di televisi. Saling dorong, saling sikut, kalau perlu saling jejak di kereta. Semua demi berkumpul bersama keluarga di hari raya. Pulang ke tempat paling nyaman, rumah.

Untuk sesaat rutinitas dilupakan. Lebaran biasanya menjadi momen-momen reuni. Saat dimana kita unjuk keberhasilan. Tahun lalu, masih ingat betul, teman-teman yang sudah berhasil lebih dulu tampak hebat. Memicu semangat tidak mau kalah dari yang belum berhasil (ya..lebih tepatnya bikin iri, hehe..). Dari jam tangan, handphone bahkan hingga kendaraan, merupakan barang-barang impian semasa kita belum berpenghasilan. Kalau mengandalkan pemberian orang tua, nyaris mustahil (kecuali yang sudah dari bayi mampu yaa...;p).

Satu tahun berlalu. Banyak yang terjadi, termasuk pekerjaan. Kesenjangan tidak seperti tahun kemarin, karena hampir semua sudah lulus dan mendapat pekerjaan. Namun, permasalahan yang lain, masihkah ada waktu untuk berkumpul seperti dulu? Karena di tahun-tahun pertama biasanya cukup berat untuk mendapat izin (curcol T_T). Namun bagaimanapun juga, yang penting bisa pulang. Ke tempat yang kita sebut rumah, apapun bentuknya. Jogja... aku pulang... :)

No comments: